Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Only man

Buat para laki-laki yang belum menikah... tahukah anda, pernikahan laki-laki di usia tua berpotensi menghasilkan anak cacat???
karena saya anak IPA nih, jadi ya sedikit-sedikit cerita tentang yang beginian... :P akhir –akhir ini banyak yang membuktikan anak-anak cacat bukanlah kesalahan dari sang ibu, tetapi dari sel sperma laki-laki tua. Hal tersebut terjadi karena semakin tua usia laki-laki,semakin tinggi peluang mutasi gen pada spermanya. Bukti statistik para ilmuan menunjukan bahwa anak laki-laki yang menjadi bapak pada usia tua meakin berpeluang menghasilkan anak cacat lahir,dibandingkan laki-laki yang lebih belia. Misalnya, bapak lebiih tua menghasilkan menghadapi penigkatan resiko memiliki anak penyandang dwarfisme endroplastik , sindrom marsfan, atau miositis osifikan.
Bagaimana dengan kaum ibu? Menjadi ibu di usia tua masuh beresiko melahirkan bayi cacat lahir. Bedanya, bukan dikaitkan dengan mutasi titik,tetapi kesalahan replikasi seluruh kromosom. Contohnya sindrom down. Cacat kromosomal skala besar mudah dideteksi dalam tes prakelahiran sehingga masih mungkin untuk diantisipasi. Sebaliknya, sebagian besar mutasi titik sampai sekarang sulit di diagnosis secara dini sehingga baru diketahui saat bayi baru di lahirkan. Udah tau kan??? Trus gimana nih para laki-laki yang belum menikah??? Buruan donkz.... ngundang-ngundang ya... :P

Dikutip dari : kompas.com
Buku biologi yudistira kelas XII
Dengan sedikit perubahan