Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google hacking

Mungkin bagi sebagian orang hal ini sudah termasuk hal yang basi. Tapi tulisan ini saya tujukan bagi orang-orang yang masih awam terhadap internet, jd bagi yang sudah ahli dan master dalam bidang internet saya sarankan jangan membaca tulisan yang basi ini.
Google, siapa yang tidak kenal situs ini. Walaupun orang yang baru kenal internet pun saya yakin sudah mengetahui google, baik untuk mencari gambar-gambar ataupun informasi yang ingin kita ketahui. Tapi apakah hanya itu fungsi google yang kita gunakan? Sayang sekali karena kita berarti belum maksimal menggunakan google. Karena banyak trik-trik yang tersembunyi didalam situs ini.

Seperti contoh, jika anda pelajar atau mahasiswa yang sedang diberi tugas oleh guru atau dosen anda untuk membuat karya tulis misalnya. kemudian anda malas membuka buku untuk mencarinya, pastinya anda akan memanfaatkan fasilitas dari google ini untuk mencarinya kan? Tetapi didalam situs itu anda diperlihatkan dengan banyak pilihan, dan mau tidak mau anda harus membacanya 1 per satu. Pasti sangat repot sekali. Dengan google hacking anda dapat langsung menemukannya. Lebih praktis kan?
Contoh: jika anda mencari data tentang tumbuhan misalnya anda hanya cukup mengetik “ filetype:doc tumbuhan “ (tanpa tanda petik) pada kotak yang disediakan google maka banyak pilihan tulisan yang bisa langsung anda download. Lebih praktis kan???

Rumus google hacking untuk mencari document :

“ filetype:(formatdokumen)(spasi)(nama file yang anda cari) “ (tanpa tanda petik )

Contoh: filetype:doc(spasi)tumbuhan

Format document nya:

Doc : data dalam bentuk word
Xls : data dalam bentuk excel
Ppt : data dalam bentuk powerpoint
Swf : data dalam bentuk flash
Pdf : data dalam bentuk adobe

Semoga tulisan ini bisa membantu, terima kasih…